Dari berbagai kota wisata yang ada, tentu Kota Bandung menjadi salah satu dari kota wisata terfavorit yang sering dikunjungi untuk berlibur. Hal ini tentu wajar karena ada berbagai Tempat wisata Bandung yang bisa didatangi dengan beragam keunikan dan juga keindahan nya masing – masing.

Tempat wisata Bandung yang bisa Anda kunjungi juga cukup banyak, Anda bisa memilih apakah ingin mengunjungi tempat – tempat yang bersifat indoor, outdoor, wisata edukatif, atau Cafe unik di Bandung. Semua bisa ditemukan di kota yang dijuluki Paris Van Java ini.

1. Dusun Bambu

dusun bambu lembang
Dusun Bambu Lembang

Dusun Bambu Lembang adalah salah satu Tempat wisata Bandung pertama yang harus Anda kunjungi. Berlokasi di kaki Gunung Burangrang, tempat ini mengusung tema eco friendly menjadikan Dusun Bambu Lembang ini salah satu lokasi wisata yang sering dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

Di tempat Dusun Bambu Lembang ini, Anda dapat menikmati dan menjelajahi alam dengan berjalan kaki atau dengan memakai motor. Anda akan menemukan pemandangan indah dengan adanya persawahan bertingkat, sebuah danau kecil, dan sungai kecil, yang menjadi salah satu ciri khas dari Dusun Bambu Lembang.

Dikutip dari website resmi Dusun Bambu, tempat wisata area Bandung yang satu ini sudah dibuka sejak 2014 lalu lalu, selain menjadi tempat wisata, tempat ini juga menjadi untuk pelestarian spesies flora asli, termasuk pohon, bunga dan juga bambu.

– Pasar Khatulistiwa

Tidak cuma menikmati keindahan alam yang ada di sini saja yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke tempat ini. karena Anda dan keluarga juga bisa berkunjung pasar unik yang menjual beragam jenis makanan serta minuman khas Bandung.

Di Pasar Khatulistiwa ini juga pengunjung bisa memilih dan menentukan menu kuliner khas Bandung dengan harga yang terjangkau. Tidak Cuma spot kuliner, di tempat ini juga tersedia tempat taman bermain untuk anak dari mulai menaiki perahu menyusuri danau, melukis kaos, bermain di stand permainan, bermain di sawah sampai bersenang-senang di taman.

– Taman Arimbi

Taman Arimbi ini merupakan taman yang di dalamnya terdapat banyak koleksi bunga yang cantik. Yang membuat taman ini makin indah adalah adanya hilir sungai kecil yang jernih.

– Lutung Kasarung

Lokasi terfavorit yang menjadi tujuan utama para wisatawan yang datang ke Dusun Bambu Lembang adalah area Lutung Kasarung. Di area ini pengunjung bisa menyantap makanan khas Bandung dengan tempat berbentuk layaknya sangkar burung yang terletak di ketinggian.

– Harga Tiket dan Lokasi

Untuk harga tiket masuk Dusun Bambu Bandung Rp. 40.000 dengan Jam operasional : 10.00 WIB – 20.00 WIB.
Lokasi: https://goo.gl/maps/WfcWySsdtBx9G6UJ7
Dusun Bambu Lembang, Kertawangi, Cisarua, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, 40551.

2. Bosscha

observatorium bosscha Lembang
Observatorium Bosscha Lembang

Tempat wisata Bandung yang kedua adalah Observatorium Bosscha yang bisa menjadi tempat wisata edukatif untuk Anda dan keluarga. Observatorium Bosscha merupakan salah satu observatorium peneropongan bintang tertua yang ada di Indonesia.

Bangunan Observatorium Bosscha mempunyai kubah yang berdiameter 14,5 meter dengan berat sekitar 56 ton. Ketika sedang melakukan peneropongan, atap kubah nya bisa bergerak dengan menggunakan daya listrik sebesar 1500 watt.
Meskipun Observatorium Bosscha ini sudah cukup tua karena umurnya sekitar satu abad, tetapi bangunan ini tetap berdiri dengan tegap dan kokoh. Selain itu dikatakan kalau bangunan Observatorium Bosscha bisa bertahan dari guncangan gempa berskala tinggi sampai 7 skala Richter.

– Sejarah Observatorium Bosscha

Pada zaman dulu, tempat ini dikenal dengan sebutan Bosscha Sterrenwacht. Sebuah bangunan megah yang dibuat oleh Nederlandsch-Indische Sterrenkundige Vereeniging (NISV) atau Perhimpunan Bintang Hindia Belanda.
Sosok yang paling berjasa yang juga menjadi penyandang dana utama pembangunan observatorium ini adalah seorang Belanda yang bernama Karel Albert Rudolf Bosscha atau K.A.R Bosscha.
Beliau merupakan tuan tanah di perkebunan teh Malabar. Untuk mengenang jasanya, namanya pun diabadikan sebagai nama dari observatorium tersebut.

Pembangunan nya sendiri berjalan sekitar lima tahun, yaitu dari tahun 1923 sampai 1928. Setelah itu NISV resmi menyerahkan Bosscha kepada pemerintahan Republik Indonesia pada tanggal 17 Oktober 1951.
Disini Anda akan menemukan 10 teleskop yang masih aktif, namun cuma satu teleskop saja yang dapat digunakan oleh wisatawan yang berkunjung, yaitu teleskop refraktor ganda Zeiss. Teleskop tersebut terletak di sebuah gedung bangunan dengan atap kubah yang dapat dibuka dan ditutup.

Selain teleskop, tempat ini juga menjadi pusat riset dan belajar ilmu Astronomi Indonesia, karena itu Anda bisa menemukan perpustakaan dengan koleksi jurnal dan buku yang lengkap. Tidak cuma itu saja, ada juga katalog astronomi yang dapat Anda temukan di tempat ini.

Ada juga Ruang multimedia di Bosscha yang terbuka untuk wisata kunjungan publik. Tepatnya sebagai ruangan berbagi ilmu astronomi untuk para pengunjung. Selain itu, dalam ruang multimedia ini Anda juga dapat menonton berbagai film dokumenter ilmiah tentang astronomi.

– Harga Tiket dan Lokasi

Untuk harga tiket masuk Bosscha Lembang Rp. 50.000 dengan Jam operasional : 08.00 WIB – 21.00 WIB.
Lokasi: https://goo.gl/maps/8q4utvEoKv6U3K3z6
Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

3. Ranca Upas Ciwidey

rancaupas ciwidey
Ranca Upas Ciwidey

– Ranca Upas Lokasi Camping di Kawasan Hutan Lindung

Ranca Upas adalah sebuah tempat bumi perkemahan/ Camping yang terletak di Bandung Selatan. Wisata alam Bandung yang satu ini memiliki beragam pilihan wahana seru dan menarik. Seperti waterboom air panas, penangkaran rusa, tempat outbond dan banyak lagi. Tempat ini terletak di kawasan pegunungan dengan ketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut dengan luas area sekitar 215 Hektar.

Ranca Upas adalah kawasan hutan lindung yang ditumbuhi beragam flora atau tumbuhan pegunungan seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kurai, Puspa dan lain-lain. Selain itu Anda juga bisa menemukan berbagai satwa seperti spesies jenis burung, rusa dan berbagai satwa jinak lainnya.

Kawasan wisata Ranca Upas ini mempunyai bentang alam yang indah dengan udara sejuk khas pegunungan dengan kondisi hutan yang masih terjaga dengan pemandangan alam yang indah dan asri. Ranca upas dipenuhi hamparan tanah yang datar dan luas karena itu dapat menampung banyak pengunjung.

– Penangkaran Rusa

Disini Anda bisa melakukan berbagai hal, Wahana pertama yang dapat Anda kunjungi di Ranca Upas adalah Penangkaran Rusa. Apabila kesini, Anda dapat langsung melihat Rusa dari jarak yang sangat dekat, memberi makanan atau berfoto – foto yang tentunya tidak bisa Anda temui di banyak tempat lain.

Selain itu terdapat juga fasilitas wahana Kolam Air Panas Alami yang dapat menyehatkan dan menyegarkan badan Anda. Diketahui kalau kandungan Air Panas Alami ini terdapat sulfur yang ternyata bagus untuk menjaga kesehatan kulit
Apabila Anda ingin mencoba wahana Outbound di Ranca Upas Ciwidey, anda dapat melakukan berbagai jenis kegiatan di sini, diantaranya seperti permainan yang akan menantang adrenaline, bermain jejak petualang, Flying Fox, dan banyak lagi.

Dari berbagai wahana di sini, tentu kawasan Bumi Perkemahan ini adalah salah satu wahana utama para pengunjung di area wisata Ranca Upas. Selain adanya lahan yang sangat luas, di Bumi Perkemahan ini Anda bisa menikmati pemandangan alam yang indah mempesona.

Tentunya tempat ini sangat pas untuk Anda yang senang dengan kegiatan -kegiatan yang bersifat outdoor macam kegiatan berkemah atau kegiatan lain nya. Tempat ini juga sering dijadikan lokasi Aktivitas Outdoor di Bandung seperti kegiatan gathering untuk acara organisasi atau sekolah.

– Harga Tiket dan Lokasi

Untuk harga tiket masuk Ranca Upas Ciwidey Rp. 25.000 (Domestik) – Rp.44.000 (Mancanegara) dengan Jam operasional : 08.00 WIB – 21.00 WIB.
Lokasi: https://goo.gl/maps/743ofP9pfnZHXNSt8
Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.946, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40973

Lihat juga : Tempat Wisata Trekking di Bandung

4. The Great Asia Afrika

The Great Asia Afrika Lembang
The Great Asia Afrika Lembang

The Great Asia Afrika adalah Tempat wisata Bandung yang resmi beroperasi sejak bulan Desember 2019 lalu. Tempat ini mengusung konsep budaya 7 negara di Asia dan Afrika, sangat menarik bukan. Konsep dari The Great Asia Afrika ini menjadi sarana edukasi untuk para wisatawan agar bisa lebih mengenal budaya serta ciri khas dari ketujuh negara di Asia dan Afrika, seperti negara Indonesia, Jepang, Thailand, Korea, India, Timur Tengah serta Afrika.

Disini Anda bisa menikmati Mulai dari makanan, mencoba pakaian asli negara lain, dan berbagai hiburan lainnya. Tentu Anda yang mau jalan – jalan ke Negara Asia atau Afrika jadi tidak harus jauh – jauh dengan cukup berkunjung ke The Great Asia Afrika. Walaupun terkenal karena mengusung tema wisata budaya nya, namun The Great Asia Afrika ini juga dikenal menjadi tempat liburan yang memiliki pemandangan serta nuansa alam yang asri serta Indah.

Karena itulah disini Anda tidak hanya dapat belajar tentang budaya negara lain saja, tetapi Anda juga dapat sekalian relaksasi diri dengan suasana alam yang sejuk khas Bandung. Tidak cuma menikmati nuansa alam saja, Anda juga dapat melakukan berwisata alam di lokasi The Great Asia Afrika ini. Anda dapat camping serta melakukan tracking ringan di lokasi ini yang akan membuat liburan Anda jadi lebih seri dan mengesankan apabila Anda memilih untuk berlibur ke Great Asia Africa.

Apabila lapar, anda juga dapat mencoba berbagai kuliner khas Bandung, Jepang, Korea, dan negara lain. Menikmati kuliner di tempat ini akan semakin lengkap dengan sambil pemandangan sekitar yang cukup indah. Makanan yang disajikan disini cukup beragam karena itu Anda bisa bebas memilih. Makanan – makanan khas yang disajikan telah menggunakan bumbu khusus yang telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Indonesia. Tidak cuma masakan berat, Anda juga dapat mencoba berbagai jenis makanan ringan dari berbagai negara yang mungkin belum pernah Anda coba.

Tidak cuma nuansa alam yang alami dan bangunan wisata yang mengesankan, The Great Asia Afrika juga menyuguhkan wahana seru untuk anak – anak yang mau bermain sambil belajar di The Great Asia Afrika. Wahana yang tersedia di sini tentu nya aman dari segi keselamatan jadi tidak perlu khawatir. Terdapat juga kereta santai atau becak santai yang dapat Anda coba ketika berkunjung ke sana, jadi Anda tidak harus bercapek – capek ketika berkeliling di sini. Anda dapat memanfaatkan kendaraan yang tersedia di sini untuk berkeliling mengelilingi lokasi di The Great Asia Afrika.

– Harga Tiket dan Lokasi

Untuk harga tiket masuk The Great Asia Afrika Rp. 50.000 dengan Jam operasional : 09.00 WIB – 18.00 WIB.
Lokasi: https://goo.gl/maps/Qek14xaM6faCao3j8
Jl. Raya Lembang – Bandung No.71, Gudangkahuripan, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391.

5. Orchid Forest Cikole

Orchid Forest Cikole
Orchid Forest Cikole

Untuk Anda yang senang dengan wisata alam Bandung Barat, maka Orchid Forest Cikole dapat dijadikan pilihan untuk Anda kunjungi. Seperti namanya, Orchid apabila dalam bahasa Inggris memiliki arti Anggrek, karena itu, Orchid Forest Cikole adalah sebuah wisata alam yang berupa taman bunga Anggrek.

Tempat wisata Bandung yang berada di Lembang, Bandung Barat ini sangat asri karena dikelilingi dengan hutan pinus di sekeliling nya. Disini Anda tidak perlu khawatir bingung mencari spot foto spot. Karena di sini Anda dapat berfoto dengan latar dan pemandangan yang bagus, unik dan juga indah. Spot foto berbayar di sini juga hampir tidak ada, karena itu Anda bisa leluasa dan bebas dalam berfoto. untuk spot khusus juga telah tersedia di lokasi yang berbeda – beda baik platform di ketinggian, taman, hingga jalanan masuk ke lokasi tertentu telah terhias indah dan cocok untuk dijadikan Tempat selfie di Bandung.

– Orchid House

Di sini ada Orchid House atau rumah anggrek yang berupa rumah kaca atau Green House yang di dalamnya terdapat pembudidayaan bunga anggrek. Anda dapat melihat dan menikmati berbagai spesies anggrek disini, baik anggrek yang berasal dari Indonesia hingga luar negeri. Ada sekitar lebih dari 150 spesies bunga anggrek yang ada disini. Namun harus diingat untuk pengunjung untuk tidak memetik tanaman disini, karena selain dilarang itu juga perilaku yang sangat tidak terpuji. Cukup nikmati keindahan nya dari jauh dan biarkan bunga – bunga di sini tumbuh.
Tempat Orchid House ini dapat Anda kunjungi tanpa perlu membayar lagi. Ada beberapa rumah kaca di lokasi ini yang dapat Anda nikmati dan kunjungi. Di ujung perjalanan Anda juga dapat membeli bunga anggrek, kaktus serta berbagai jenis tanaman hias lainnya, dengan kisaran harga 10 ribu hingga 135 ribu rupiah.

– Rabbit Forest

Salah satu spot yang disukai oleh anak – anak di Orchid Forest ini adalah Rabbit Forest. Hutan kelinci ini lumayan luas untuk bermain. Disini anak dapat berinteraksi secara langsung dengan kelinci – kelinci yang ada disini, Anda juga bisa membeli makanan kelinci dengan harga 8 ribuan.

– Jembatan Gantung/ Tali

Selain itu yang menjadi spot terfavorit di sini adalah jembatan tali yang ikonik yang tentunya sangat disayangkan apabila sampai datang kesini tanpa mengabadikan foto dulu disini. Untuk masuk ke wahana jembatan gantung/tali ini Anda perlu membayar tiket tambahan dengan biaya 20 ribu rupiah per orang dan sudah termasuk dengan flying fox untuk turunnya. Untuk Anda yang mau ke jembatan ini, ada baiknya jangan sore hari karena dikhawatirkan wahana flying fox ditutup apabila sudah menjelang sore. Namun Anda tetap bisa menikmati indahnya lokasi ini saat lampu jembatan mulai dinyalakan.

– Garden of Light

Di bawah jembatan kayu ini ada taman yang disebut dengan Garden of Light yang adalah taman atau kebun dengan jalan berliku dengan lampu-lampu cantik yang dipasang menghiasi taman ini.

– Harga Tiket dan Lokasi

Untuk harga tiket masuk Orchid Forest Cikole Lembang Rp.50.000 dengan Jam operasional : 08.00 WIB – 19.00 WIB.
Lokasi: https://goo.gl/maps/nPx223Bq9XMUBNbdA
Genteng, Cikole, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Video Tempat Wisata Bandung

Mengunjungi Tempat wisata Bandung tentu menjadi salah satu tujuan utama ketika sedang berwisata ke Bandung. Karena itu pastikan Anda sudah memiliki paket wisata Bandung yang bisa Anda dapatkan di Bandung Tour – Fastrans yang menyediakan berbagai paket wisata Bandung dengan penawaran terbaik.

Itulah pembahasan mengenai beberapa Tempat wisata Bandung terpopuler yang bisa Anda kunjungi saat sedang berlibur ke kota Bandung yang memiliki berbagai pilihan lokasi wisata menarik.

Call Us
Whatsapp