Tempat Wisata Trekking di Bandung

Tempat Wisata Trekking di Bandung – Bandung merupakan salah satu kota di Jawa Baray yang menarik dari segi alamnya. Terdapat banyak dataran tinggi di Bandung yang membuatnya menjadi kota wisata yang terkenal di Jawa Barat. Banyak para petualang yang mengunjungi Bandung untuk mengetahui objek wisata alam yang menantang. Untuk Anda yang suka trekking, pastinya Bandung ialah pilihan wisata yang tepat. Berikut adalah beberapa tempat wisata trekking di Bandung yang wajib dikunjungi.

Tempat Wisata Trekking di Bandung

Sanghyang Heuleut

Bandung Barat mempunyai sebuah tempat wisata tersembunyi yang mampu menyuguhkan panorama alam yang mempesona. Sanghyang Heuleut terletak di kawasan Cipatat. Sanghyang Heuleut ialah sebuah laguna alami yang berada di hutan, di balik tebing.

Sanghyang Heuleut

Tempat Wisata Bernuansa Alam di Bandung ini terbentuk dengan alami dari Gunung Sunda purba. Kontur alam unik tersebut berhasil menarik perhatian para petualang. Meskipun untuk menuju ke sana diperlukan sebuah perjalanan yang cukup panjang, namun faktanya tempat ini memang layak untuk dikunjungi.

Trekking ke Sanghyang Heuleut membutuhkan waktu sekitar 2 jam, dengan jalur yang menantang, Anda akan merasakan sebuah perjalanan yang berkesan. Apalagi bila telah sampai di laguna tersebut yang begitu indah.

Stone Garden dan Gua Pawon

Tempat wisata trekking di Bandung yang baru dan cukup dikenal ialah Stone Garden dan Gua Pawon. Terletak di kawasan Padaarang, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang indah, dimana terdapat sebuah area yang penuh dengan bebatuan purba.

Stone Garden dan Gua Pawon

Geo park ini juga terbentuk dengan alami dari proses purba, yang disebabkan gempa vulkanik di masa lampau. Untuk mencapai ke sana, diperlukan perjalanan yang cukup menguras tenaga, sebab tempat wisata ini masih sangat alami.

Wisata Murah di Bandung ini dilengkapi dengan adanya Gua Pawon. Gua tersebut terdapat di bawah bukit dan dapat dikunjungi juga oleh para wisatawan. Pemandangan dari atas akan sangat indah dan menarik untuk dimasukan dalam galeri instagram Anda.

Tebing Gunung Hawu

Untuk para petualang, tempat wisata ini mungkin merupakan tempat yang paling lengkap. Sebab, selain bisa trekking, pengunjung juga dapat menikmati bermacam wahana ekstrem yang akan memacu adrenalin.

Tebing Gunung Hawu

Berada di Padalarang, Tebing Gunung Hawu menyuguhkan suasana alam yang masih asri. Selain itu tebing ini juga unik karena mempunyai bebatuan yang menjulang.

Untuk mencapai Tebing Gunung Hawu, pengunjung membutuhkan trekking sekitar 30 menit sebelum sampai di area wisata utamanya. Aneka wahana yang menantang dapat Anda lakukan, mulai dari panjat tebing, main hammock langsung di atas jurang, sampai menikmati sunrise ataupun sunset.

Gunung Batu

Wisata trekking di Bandung selanjutnya ada di kawasan Lembang, yakni Gunung Batu. Tempat wisata alam ini adalah salah satu bagian dari patahan Lembang yang terbentuk akibat letusan Gunung Sunda purba.

Gunung Batu

Karena material di gunung ini didominasi oleh bebatuan, masyarakat di sekitarnya menyebutnya Gunung Batu. Tempat tersebut hanya mempunyai ketinggian sekitar 1.335 meter di atas permukaan laut. Tetapi perjalanan mendaki ke atas tidak bisa diremehkan.

Dari puncak Gunung Batu, pengunjung dapat melihat keindahan kota dengan pegunungan di sekitarnya. Mulai dari Gunung Putri, Tangkuban Perahu, sampai Burangrang. Sedangkan dari kejauhan akan terlihat Gunung Malabar, Haruman, dan Manglayang.

Tebing Keraton

Tebing Keraton adalah salah satu wisata alam terpopuler di Bandung. Beberapa tahun yang lalu, media sosial mempopulerkan tempat ini sehingga sampai sekarang ramai dikunjungi wisatawan.

Tebing Keraton

Dari Tebing Keraton memang bisa didapati pemandangan yang sangat indah, terutama di pagi hari ketika matahari terbit. Sekarang ini, pengunjung berkendaraan roda 4 tidak dapat memarkirkan mobilnya di dekat area wisata. Jadi, dibutuhkan trekking untuk ke sana.

Jalur trekking Tebing Keraton Dago cukup baik. Jarak dari parkiran mobil sekitar 1,7 kilometer. Anda dapat menghirup udara pagi sambil berjalan-jalan yang akan menyehatkan badan. Ketika sampai di atas, maka nikmatilah panorama matahari terbit yang sangat menawan.

Gunung Puntang

Tempat wisata trekking di Bandung lainnya ialah Gunung Puntang, dengan puncaknya yang dinamakan Puncak Mega. Gunung Puntang berada di Pegunungan Malabar yang merupakan salah satu tempat untuk wisata alam.

Gunung Puntang

Mempunyai ketinggian 2.222 meter di atas permukaan laut, Puncak Mega Puntang ini dapat dicapai dengan pendakian cukup melelahkan. Akan tetapi, pemandangan yang indah di kanan dan kiri jalur pendakian akan membuat bersemangat.

Ketika telah sampai di puncaknya, para pendaki dapat menyaksikan kota dari ketinggian. Ketika malam, lampu-lampu kota ini akan terlihat menarik. Begitu juga dengan fenomena sunset dan sunrise-nya. Untuk itu, Anda disarankan untuk berkemah di Tempat Wisata Sunrise di Indonesia ini.

Dago Pakar

Tempat wisata alam lainnya dengan jalur trek ialah Dago Pakar. Tempat wisata ini mempunyai suasana yang indah. Meski sudah didesain dengan cukup modern, wisatawan tetap dapat menemukan sisi alami dari tempat ini.

Dago Pakar

Dago Pakar juga mempunyai jalur trek kurang lebih 5 sampai 7 kilometer. Anda dapat memanfaatkan jalur ini untuk menjelajah alam bersama teman maupun keluarga. Menariknya lagi, terdapat gua di sana.

Gua Belanda dan Gua Jepang terdapat di dalam kawasan hutan. Selain gua, ada juga air terjun yang cantik yang bisa juga dikunjungi untuk wisata. Mulai dari Curug Lalay, Curug Dago, dan Curug Omas.

Curug Malela

Air terjun adalah salah satu tempat wisata yang alami. Sehingga banyak air terjun yang mempunyai medan yang cukup berat sehingga wisatawan perlu trekking terlebih dulu. Salah satu wisata trekking di Bandung yang bertema air terjun ialah Curug Malela.

Curug Malela

Curug Terbaik di Pulau Jawa ini terletak di Desa Cicadas, Bandung Barat. Mempunyai bentuk yang memanjang, Curug Malela disebut-sebut mirip dengan Niagara. Dari pintu masuk wisata, pengunjung diperlukan trekking terlebih dahulu sekitar 10 kilometer.

Selain trekking, pengunjung juga sebenarnya dapat menaiki ojek yang ada di dekat pintu masuk wisata. Namun tarifnya sangat mahal. Meski perjalanan menuju Curug Malela cukup jauh, pemandangan yang ditawarkan sangatlah menawan.

Demikianlah beberapa tempat wisata trekking di Bandung yang bisa Wisata Bandung sampaikan, untuk para petualang. Semoga bisa memberikan referensi wisata yang menarik bagi Anda dan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *