Lompat ke konten
Home ยป Obyek Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Obyek Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

wisata alam hutan pinus rahong pangalengan

Obyek Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Tabel Konten

Pangalengan menjadi daerah destinasi wisata favorit yang menawarkan banyak objek wisata alam yang bagus dan instragamable. Salah satunya adalah Hutan Rahong Pangalengan yang termasuk tempat wisata di Pangalengan terkenal.

Objek wisata ini begitu cepat populer namanya karena keindahan alam hutan pinus dan sungainya yang sungguh menarik. Apalagi ada Situ Cileunca, sebuah tempat wisata terdekat, yang kian melengkapi tempat jelajah alam di Pangalengan.

Lantas, ada apa saja di wisata Pangalengan ini, dan hal menarik apa yang bisa dilakukan di sini? Berikut informasi selengkapnya. 

Sekilas Tentang Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Kampung-Singkur-hutan-rahong-pangalengan

Rahong Pangalengan adalah sebuah kawasan wisata alam dengan hutan pinus dan Sungai Palayangan sebagai atraksi wisata utamanya.

Area perbukitan seluas 4.5 Hektar ini terdiri dari enam zona yang masing-masing zona mempunyai daya tarik yang beragam. Mulai dari camping di area hutan pinus hingga beruji nyali melewati jeram-jeram di Sungai Palayangan.

Tempat ini juga menawarkan beragam aktivitas outdoor seperti hiking, paintball, camping, dan jelajah ke kebun teh Riung Gunung Pangalengan.

Dengan aneka aktivitas menarik di atas, kawasan wisata hutan pinus ini langsung hits di Instagram. Dampaknya, ratusan wisatawan terus berdatangan setiap harinya.

Saat libur akhir pekan, jumlah wisatawan yang datang bisa capai sekian kali lipat dari jumlah biasanya. Bahkan angka kunjunganya setara dengan jumlah pengunjung Farmhouse Lembang Bandung.

Daya Tarik Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Ada banyak sekali hal menarik dan baru yang akan membuat Anda merasakan sensasi liburan yang berbeda di sini. Dan berikut daftar daya tarik yang telah kami rangkum untuk Anda.

Alam Khas Pangalengan yang Sejuk

alam-khas-pangalengan-yang-sejuk-rahong

Apabila Anda sedang mencari referensi tempat baru untuk berpetualang, area hutan pinus di Pangelangan ini adalah pilihan yang tepat.

Area hutan pinus ini masih asri dan hijau di mana ada banyak pohon pinus yang memenuhi hampir di semua area. Udara di sini begitu segar. Suasana sejuk dan nuansa tenang juga begitu mendominasi.

Dan tahukah Anda bahwa tempat wisata di Bandung Selatan ini juga memiliki fungsi sebagai daerah resapan. Jadi, kita semua wajib menjaga kelestariannya.

Cocok untuk Lokasi Family Gathering

Hutan pinus ini menjadi salah satu rekomendasi lokasi family gathering terbaik di Kabupaten Bandung.

Tren family gathering memang sedang naik di kalangan wisatawan, terutama yang bepergian bersama rombongan.

Banyak travel organizer yang lantas memanfaatkan momentum baik ini untuk mempromosikan paket family gathering Bandung murah. Dan memilih wisata hutan pinus Pangalengan ini sebagai salah satu referensinya.

Area Kegiatan Outbound

oubound-rahong-pangalengan

Tak hanya nyaman untuk acara family gathering saja, tempat ini juga cocok sekali untuk kegiatan outbound.

Aktivitas outbound menjadi lebih mudah karena di sini sudah tersedia fasilitas outbound yang lengkap.

Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya adalah downhill, archery war, paintball, trekking, flying fox, off road, hingga tea-walk.

Dijamin outbound di sini akan jauh lebih seru dibandingkan dengan sekedar selfie atau jalan-jalan di Taman Langit Pangalengan.

Camping

wisata-camping-rahong-pangalengan

Sementara untuk Anda yang ingin bermalam di alam terbuka alias camping, di sini adalah lokasi yang sangat tepat. Di sini tersedia camping ground yang luas.

Camping hutan pinus Rahong pasti akan menjadi bagian pengalaman yang memorable.

Menguji Adrenalin dengan Arung Jeram/ Rafting

rafting-rahong-pangalengan

Penuhi jiwa petualang Anda dengan uji nyali melewati jeram-jeram di sekitar kawasan hutan pinus Pangalengan ini.

Ada yang unik dari wisata arung jeram di sini, yaitu Anda dan peserta arung jeram lainnya akan memulai kegiatan ini di Situ Cileunca, bukan di sungai.

Rute berikutnya baru melintasi Sungai Paralayang lalu ke sungai di samping hutan pinus, area kebun teh, dan kebun stroberi. 

Fasilitas di Kawasan Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Khusus untuk kawasan wisata hutan pinus ini, belum banyak fasilitas yang dapat Anda jumpai karena tergolong masih baru.

Maka dari itu, sebelum berangkat menuju ke sini, sebaiknya siapkan bekal makanan dan minuman yang cukup. Anda dapat membeli isi kotak bekal Anda di pusat wisata kuliner Bandung terdekat.

Bahkan untuk memarkirkan kendaraan, Anda mau tak mau harus memarkirkan kendaraan Anda di tepi jalan raya.

Mungkin minimnya fasilitas ini akan menjadi pertimbangan utama pemerintah daerah setempat untuk mulai membangun sejumlah fasilitas penting seperti toilet umum, tempat parkir, dan mushola yang memadai.

Penting juga untuk menambahkan fasilitas penunjang kepariwisataan seperti fasilitas warung makan, pusat souvenir atau oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, dll.

Keberadaan warung wisata di sini tentu akan sangat memudahkan wisatawan untuk membeli makanan dan minuman selama ada di tempat wisata ini.

Akan lebih menarik lagi jika hidangan yang disajikan adalah makanan khas Bandung manis yang cocok disantap bersamaan dengan secangkir kopi hangat. Sungguh perpaduan yang pas di tempat dingin seperti ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Wisatawan yang ingin masuk ke dalam kawasan wisata hutan pinus ini tidak perlu membayar mahal. Ada juga biaya tambahan untuk wahana outbound, arung jeram, dan kegiatan camping.

Berikut adalah informasi HTM terbaru yang berlaku di objek wisata hutan pinus ini:

RetribusiTarif
Tiket MasukRp10.000,00 per orang
Parkir KendaraanRp5.000,00 per unit

 

Rp10.000,00 per unit

Lokasi dan Rute Menuju Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Letak alamat dari kawasan wisata hutan pinus ini ada di Pulosari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Rute yang bisa Anda lalui untuk menuju ke hutan pinus ini jika Anda berangkat dari Jakarta adalah via Ciwidey.

Setelah Anda keluar dari Jalan Tol Buah Batu, silahkan belok kanan menuju persimpangan Ciwidey-Pangalengan. Pilih jalur menuju ke Pangalengan. Lurus dan ikuti jalan hingga bertemu dengan Situ Cileunca.

Tak jauh dari Situ Cileunca, Anda akan tiba di hutan pinus tujuan Anda.

Ketika akan sampai di Situ Cileunca, Anda harus waspada karena aksesnya lumayan sulit dan penuh dengan belokan. Butuh skill menyetir yang bagus agar perjalanan aman.

Tak heran banyak wisatawan yang menggunakan paket rental Hiace Premio di Bandung plus supir murah untuk menuju ke tempat wisata. Apabila Anda berminat, kami, Salsa Wisata, siap mengakomodasi perjalanan Anda.

Jam Operasional Wisata Hutan Pinus Rahong Pangalengan

Hutan pinus Pangalengan ini buka setiap hari selama 24 jam. Namun khusus untuk wahana outbound dan arung jeram, jam operasionalnya dibatasi dari jam 08.00 sampai jam 17.00 WIB.

Itulah sedikit ulasan tentang wisata hutan pinus Rahong Pangalengan. Setelah membaca ulasan ini, apakah Anda sudah mulai tertarik untuk liburan di sini? Jika iya, siapkan semua keperluan liburan Anda dengan baik agar liburan Anda nantinya berjalan dengan lancar dan menyenangkan.

Travel Itinerary Planner – Kalkulator Tour Wisata

Atur Budget & pilih Destinasi liburanmu sendiri jadi mudah
Pilih liburan sesuai biaya keinginanmu

Bandung-Tour-Travel-Agent

Fastrans Travel – Agen Perjalanan/ Tour Agent/ Event Organizer, Family Gathering, Private Tour Domestik dan Mancanegara.

Call/ WA : +6285222200490
email: fastrans.travel@gmail.com