Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Populer

Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Populer – Selain mempunyai Pulau Bali yang telah mendunia, ternyata Indonesia juga mempunyai Pulau Lombok yang tak kalah eksotis dengan Pulau Bali. Wisata lombok faktanya sudah menjadi daya tarik tersendiri baik untuk wisatawan lokal ataupun mancanegara.

Terdapat banyak sekali tempat wisata di lombok yang akan membuat para wisatawan mengagumi akan keindahannya, jadi Anda perlu perencanaan jadwal yang baik supaya tidak melewatkan setiap jengkal keindahan lombok ini, berikut adalah tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi :

Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Populer

1. Pantai Senggigi

Pantai Senggigi

Pantai Senggigi merupakan salah satu tempat wisata di Lombok paling ramai dikunjungi para wisatawan, berlokasi di bagian barat Pulau Lombok, Pantai Senggigi memiliki suasana yang persis dengan Pantai Kuta di Bali, akan tetapi memiliki ombak yang tenang sehingga sangat cocok untuk kegiatan berenang ataupun snorkeling.

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok

Bukan cuma pulau Bali yang punya pantai kuta dengan sunsetnya yang istimewa, ternyata di Lombok juga mempunyai pantai kuta yang tak kalah mengagumkannya. Pantai kuta terletak di Desa Kuta, sekitar 56 KM dari kota Mataram, Lombok. Pantai Kuta Lombok memiliki pasir sehalus merica, oleh sebab itu banyak penduduk setempat yang menyebut pantai ini sebagai pantai merica. Wisata utama di pantai ini ialah selancar, sebab ombaknya merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung Rinjani merupakan ikon wisata juga tempat wisata di Lombok yang paling terkenal. Memiliki ketinggian lebih dari 3,700 meter, gunung rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Bagi penganut agama Hindu, Gunung Rinjani memiliki nilai spiritual tersendiri sebab dianggap tempat tinggal dari pada dewa.

4. Pantai Sekotong

Pantai Sekotong

Pantai Sekotong berada di Kecamatan Sekotong, Lombok Barat, sekitar 60 km dari Kota Mataram. Pantai ini dikelilingi perbukitan yang melingkar dan tak jauh dari tepi pantai. Lautnya biru dengan pantai yang putih membuat tempat ini sebagai obyek wisata di Pulau Lombok yang wajib dikunjungi. Pantai Sekotong masih sangat asri, bebas polusi serta belum banyak dijamah oleh wisatawan.

5. Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong berada di wilayah Senggigi, Lombok. Pura Batu Bolong terletak di atas sebuah batu karang warna hitam yang menjorok ke laut. Di bagian tengah batu karang ini ada sebuah lubang, sehingga dinamakan Pura Batu Bolong.

6. Gili Nanggu

Gili Nanggu

Gili Nanggu terletak di Selat Lombok atau di pesisir barat Pulau Lombok. Secara administratif, pulau ini terletak di wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Di Gili Nanggu terdapat pantai cantik dengan hamparan pasir putih dengan lautnya yang biru. Suasana alam hening, menjadikan pulau ini sebagai pilihan yang tepat untuk para pasangan yang ingin berbulan madu.

Lihat juga Tempat Wisata di Indonesia Favorit Wisatawan Asing 

7. Air Terjun Sendang Gile

Air Terjun Sendang Gile

Berada di Lombok Utara, Air Terjun Sendang Gile berjarak sekitar 60 km atau 3 jam perjalanan dari kota Mataram. Terletak di kawasan Desa Senaru, Air Terjun Sendang Gile ialah pintu masuk awal pendakian Gunung Rinjani. Karena mempunyai sumber air yang sama dengan air di Taman Narmada, air di Air Terjun Sendang Gile juga dipercaya bisa membuat Anda awet muda jka Anda pakai untuk mandi atau membasuh muka. Untuk bisa menikmati air awet muda di Air Terjun Sendang Gile, Anda harus menaiki sekitar 200 anak tangga.

8. Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air

Ketiga pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air seakan dapat mewakili potret keindahan pantai – pantai di Lombok. Semuanya menyuguhkan kebeningan air laut, butiran pasir putih tanpa sampah berserakan, juga terumbu karang dengan ikan hias yang menggemaskan.

Ketiga pulau mungil yang terletak di tengah lautan itu mempunyai perbedaan karakteristik yang unik. Masing – masing miliki suasana alam dan ciri khas tersendiri. Bahkan, perbedaan tersebut seakan memilah wisatawan sesuai dengan minat, sifat, juga kepribadiannya.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah pulau terbesar, teramai juga terjauh dari pulau utama Lombok. Kebanyakan wisatawan yang mengunjunginya dari orang-orang yang berjiwa muda serta penuh semangat.

Gili Meno

Sementara, Gili Meno yang berada di tengah-tengah antara Gili Trawangan dan Gili Air, lebih sesuai untuk wisatawan yang mengidamkan relaksasi di tengah kesunyian. Pengunjung akan disuguhi nuansa alami pantai tropis yang tenang. Pepohonan bakau terlihat merimpun di sepanjang pesisir pantainya.

Gili Air

Sedangkan suasana yang tercipta di Gili Air. Pulau terdekat dari Lombok ini lebih sesuai untuk wisatawan yang berlibur dengan keluarga. Dihuni penduduk lokal paling banyak, pulau ini lebih menyuguhkan suasana pantai yang tidak ramai tetapi tidak terlalu sepi.

9. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak

Danau Segara Anak adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Lombok, terutama untuk para pecinta wisata alam. Terletak di kawah Gunung Rinjani, Danau Segara Anak sampai saat ini masih diyakini sebagai bagian dari laut yang terpecah ke atas sebuah pulau. Hal tersebut dikarenakan warna air danau ini berwarna biru, sama persis seperti warna air laut.

10. Pantai Sire

Pantai Sire

Pantai Sire berada di Lombok Utara dengan jarak kurang lebih 35 km dari kota Mataram. Pantai Sire merupakan tempat wisata di Lombok yang wajib dikunjungi karena keindahan yang disuguhkan. Jika cuaca sedang cerah, Anda bisa melihat Gunung Rinjani dari pantai tersebut.

11. Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk

Hutan Monyet Pusuk adalah bagian dari area Gunung Rinjani, Lombok. Hutan Monyet Pusuk berada di puncak Gunung Rinjani dan salah satu habitat dari ratusan monyet. Di perjalanan sekitar Hutan Monyet Pusuk, berhati-hatilah jika berkendara, sebab sering kali monyet – monyet ini bermain di tengah jalan.

12. Rumah Adat Suku Sasak Sade

Rumah Adat Suku Sasak Sade

Dusun Sade atau Sade Village ini merupakan salah satu Desa Tradisional Sasak (suku asli Pulau Lombok) atau sebuah perkampungan suku Sasak asli yang masih mempertahankan dan menjaga keaslian sisa – sisa kebudayaan Sasak lama semenjak zaman pemerintahan Kerajaan Pejanggik di Praya, Kabupaten Lombok Tengah sampai sekarang. Masyarakat yang tinggal di Dusun Sade Lombok ini merupakan suku Sasak dengan sistim sosial dan kehidupan keseharian mereka yang sangat kental dan memegang teguh adat tradisi Sasak tempo dulu.

Itulah beberapa Tempat Wisata di Lombok yang Eksotis dan Populer yang wajib di kunjungi. Untuk informasi paket wisata ke Lombok ataupun paket wisata family gathering, silahkan kunjungi Bandung Tour yang akan selalu siap melayani Anda untuk memudahkan kegiatan berwisata dengan harga murah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *